Oktober 1, 2022

florencestandard.com

Blog Media Info Terkini

Penyebab Nyeri Haid dan Cara untuk Mengatasinya

Nyeri haid adalah hal biasa yang sering dialami oleh seorang wanita ketika mengalami menstruasi. Hal ini biasanya terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Jika anda penasaran dengan faktor penyebabnya, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa faktor penyebab nyeri haid beserta cara untuk mengatasinya, antara lain yakni :

Apa Saja Faktor Penyebab Nyeri Haid ?

 

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Olahan

Salah satu hal yang menjadi penyebab nyeri haid adalah mengonsumsi makanan olahan. Ada beberapa jenis makanan olahan tertentu yang memang tidak baik untuk dikonsumsi bagi wanita yang mengalami menterusai, dimana makanan ini yang biasanya menyebabkan rasa nyeri muncul ketika haid.

Beberapa jenis makanan tersebut seperti, kentang goreng, roti lapis, atau jenis makanan yang memiliki banyak kandungan gula dan garam.

Mengonsumsi Pil KB Secara Berlebihan

Penyebab nyeri haid selanjutnya yang perlu anda ketahui selain makanan olahan adalah pil KB. Bagi wanita yang mengonsumsi pil KB, Intensitas kram tubuh pun bisa meningkat jika wanita tersebut baru saja menggunakan alat kontrasepsi. Mengapa demikian ? Sebab pada kondisi seperti ini menstruasi bisa terasa lebih berat dan intens pada bulan-bulan pertama.

Diatas adalah beberapa hal yang menjadi penyebab ketika merasakan nyeri pada saat menstruasi. Sementara untuk mengatasi nyeri haid yang dialami oleh wanita bisa anda lakukan dengan cara dibawah ini, antara lain yakni :

Cara untuk Mengatasi Nyeri Haid

 

Mengonsumsi Makanan Tertentu

Untuk membantu mengatasi dan mencegah nyeri di saat haid, sebaiknya anda menjaga pola makan yang sehat. Untuk menjaga pola makan yang sehat, anda bisa melakukan diet untuk mengurangi rasa nyeri haid.

Diet yang dilakukan pada umumnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin seperti beras merah yang mengandung vitamin B-6 yang dapat mengurangi kembung. Dengan mengonsumsi biji labu, kacang kenari, almond dapat membantu anda untuk meredakan kram saat haid.

Selain itu, ikan, ayam dan sayuran berdaun hijau lainnya dapat membantu mengembalikan zat besi yang hilang saat menstruasi. Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi biji rami yang memiliki kandungan omega-3 dengan sifat antioksidan, yang mana kandungan ini dapat membantu anda mengurangi pembengkakan dan peradangan. Mineral boron dapat membantu tubuh anda menyerap kalsium dan fosfor, serta juga dapat mengurangi kram di saat menstruasi.

Melakukan Olahraga Ringan

Dengan melakukan olahraga tentunya tubuh kita tetap aktif dan bugar. Mungkin melakukan olahraga sebelum atau selama mentruasi kurang menarik bagi para wanita. Namun tahukah anda bahwa aktivitas ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk memperlancar menstruasi.

Hal ini disebabkan oleh karena olahraga dapat membantu untuk melepaskan hormon endorfin. Sehingga dapat dikatakan bahwa olahraga merupakan cara yang efektif untuk mengurangi nyeri haid yang dialami oleh seorang wanita.

Kompres Menggunakan Air Hangat

Selain cara di atas, langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri saat menstruasi adalah mengompres dengan menggunakan air hangat. Hal ini telah dijelaskan oleh seorang peneliti bahwa mengompres menggunakan air hangat adalah langkah yang baik dan cukup praktis untuk dilakukan.

Untuk melakukannya, anda hanya perlu menyiapkan air hangat dan kain atau handuk kecil yang halus dan lembut. Setelah itu, basahi kain atau handuk tersebut dan diletakkan dibagian yang nyeri. Lakukan cara ini hingga rasa nyeri benar-benar sembuh.

Demikian informasi singkat yang dapat kami jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat.