February 6, 2023

florencestandard.com

Blog Media Info Terkini

Metode dan Cara Membuat Sabun Batang yang Bisa Dicoba

Apakah Anda sedang berselancar dan mencari informasi tentang metode serta cara membuat sabun batang yang bisa dicoba untuk pemula? Jika ya, tentu Anda sudah berada di tempat yang tepat.

Memang, saat ini ada cukup banyak produk sabun batang yang tersedia di pasaran. Adanya beragam produk sabun tersebut tentu saja akan memudahkan Anda untuk memilih mana sabun yang tepat digunakan.

Selain itu, tidak ada salahnya jika Anda juga berusaha untuk membuat sabun batang sendiri. Ya, jika Anda berhasil membuat sabun batang sendiri, bukan tidak mungkin Anda nantinya mendapatkan ide usaha rumahan yang baru.

Ragam Metode Membuat Sabun Batang

Berbincang tentang membuat sabun batang, ada beberapa metode mendasar membuat sabun batang yang perlu Anda ketahui. Beberapa metode yang dimaksud diantaranya adalah:

  • Metode cold process

Salah satu metode yang jamak digunakan untuk membuat sabun batang adalah cold process. Bisa dikatakan bahwa ini adalah salah satu metode membuat sabun batang yang paling mudah karena tidak memerlukan suhu yang tinggi.

Dalam membuat sabun batang dengan metode ini, pencampuran minyak dengan larutan alkali dilakukan ketika keduanya memiliki temperatur sekitar 35 derajat celcius. Setelah itu, dilakukan pengadukan hingga terbentuk campuran sempurna dan mengental.

Campuran bahan tersebut lalu dimasukkan dalam cetakan dan akan memasuki fase curing. Fase ini berlangsung sekitar 2 mingguan.

  • Metode hot process

Metode kedua yang bisa dilakukan untuk membuat sabun batang adalah hot process. Ini merupakan variasi dari cold process yang dibahas sebelumnya. 

Nah, dengan menggunakan metode ini, campuran bahan yang sudah mengental tersebut tidak langsung dimasukan ke dalam cetakan. Akan tetapi, bahan tersebut dipanaskan terlebih dahulu selama sekitar 1 hingga 3 jam untuk melakukan proses saponifasi.

Dibandingkan dengan metode sebelumnya, metode ini memiliki keuntungan di mana sabun bisa langsung dipakai. Selain itu, waktu curing metode ini pun lebih cepat.

  • Metode melt and pour

Satu lagi metode yang bisa digunakan untuk membuat sabun batang adalah metode melt and pour. Ini adalah metode yang cukup simple dilakukan dan sabun batang yang dibuat tidak memiliki campuran bahan kimia.

Untuk membuat sabun batang dengan metode ini, bahan yang digunakan adalah soap base atau sabun yang sudah hampir jadi. Bahan tersebut kemudian dipanaskan hingga meleleh lalu ditambahkan bahan berupa pewarna dan juga pewangi. Nah, bahan yang sudah dicampur tersebut nantinya dimasukkan ke dalam cetakan. 

Beberapa hal di atas adalah ragam metode yang bisa dilakukan untuk membuat sabun batang. Bandingkan beragam cara membuat sabun batang tersebut dan pilih mana yang menurut Anda paling mudah untuk diaplikasikan dengan hasil yang maksimal.