Oktober 1, 2022

florencestandard.com

Blog Media Info Terkini

Ketahui Penyebab dan Cara Pencegahan Pneumonia

Salah satu penyakit berbahaya yang mematikan adalah paru-paru basah. Dalam dunia medis, ini juga dikenal dengan pneumonia. Ini adalah infeksi pada bagian alveolus paru-paru dimana terdapat cairan atau nanah sehingga membuat penderitanya mengalami sesak napas, batuk, demam, dan gejala-gejala penyerta lainnya.

Melakukan diagnosa paru-paru basah tidak boleh sembarangan. Anda harus datang ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif. Setelah itu, baru akan diketahui perawatan yang tepat dimana harus dirawat di rumah sakit atau menjalani pengobatan jalan di rumah. Check up sejak awal juga akan menghindari dampak penyakit semakin parah.

Penyebab Terjadinya Penyakit Pneumonia

Penyakit satu ini dapat menyerang siapa saja baik anak-anak atau orang dewasa. Bahkan, bagi anak-anak, itu menjadi salah satu penyebab banyaknya kematian per tahun hingga 800.000 kasus di seluruh dunia. Meskipun, bukan salah satu penyakit menular, tetap harus waspada dengan mengetahui sejumlah penyebabnya berikut ini.

  • Adanya Bakteri

Penyebab pertama Pneumonia adalah adanya bakteri bernama Streptococcus Pneumoniae. Bakteri ini biasanya hidup di saluran pernapasan bagian atas. Selain itu, terdapat juga bakteri lainnya yang menyebabkan paru-paru basah ini antara lain anaerob, Haemophilus Influenzae, dan masih banyak lagi. Kondisi awal yang terjadi biasanya flu sampai daya tahan tubuh melemah.

  • Adanya Virus

Selain bakteri, virus juga dapat menyebabkan pneumonia. Virus tersebut adalah influenza dimana sudah banyak diketahui keberadaannya. Pada anak-anak, virus yang menginfeksi adalah Respiratory Syncytial Virus. Umumnya, kondisi pada orang dewasa akan lebih parah dari anak-anak, terutama dengan riwayat jantung dan paru.

  • Jamur

Jamur menyebabkan pneumonia karena menjangkiti orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah. Jamur tersebut bisa didapatkan dimana saja, misalkan dari tanah maupun kotoran burung. Sebagai contoh, Pneumocystis Pneumonia diakibatkan oleh Pneumocystis Jirovecii akan menyerang orang dengan imun lemah yaitu HIV/AIDS.

Cara Pencegahan Pneumonia

Jika Anda sudah memeriksakan diri ke medis dan dinyatakan mengidap paru-paru basah, maka harus mengikuti perawatan dan pengobatan secara benar. Namun, melakukan pencegahan bagi yang tetap mempunyai risiko sangat penting. Oleh sebab itu, ketahui sejumlah cara pencegahannya di bawah ini.

  • Lakukan vaksinasi baik bagi dewasa atau anak
  • Jaga kebersihan dengan baik
  • Jaga kesehatan dengan pola hidup sehat, seperti makanan seimbang bergizi, olahraga, dan tidak merokok
  • Tidur secara teratur/tidak banyak begadang
  • Terapkan tata cara batuk dan bersin di tempat umum dengan benar
  • Jangan konsumsi alkohol berlebihan
  • Jaga jarak dengan orang yang sakit/memakai masker

Itu dia informasi tentang apa saja penyebab dan cara mencegah terjadinya penyakit pneumonia. Dengan melakukan medical check up menyeluruh, dokter akan memberikan pengobatan spesifik supaya cepat sembuh. Sedangkan, melakukan tindakan pencegahan adalah hal baik supaya terhindar dari berbagai risiko penyakit tersebut.