November 30, 2021

florencestandard.com

Blog Media Info Terkini

Kenali Apa Itu Sistem Investasi Melalui Crowdfunding, Solusi Investasi Di Kala Pandemi

Java Printing

Urun dana (crowdfunding) adalah praktik penggalangan dana dari sejumlah besar orang untuk memodali suatu proyek atau usaha yang umumnya dilakukan melalui internet.

Crowdfunding adalah sebuah bentuk pendanaan untuk mereka yang membutuhkan dana dalam pengembangan usahanya, di mana pendanaan tersebut terkumpul dari beberapa orang.

Pendekatan ini memanfaatkan upaya kolektif dari sejumlah individu secara online, dengan menggunakan sebuah platform atau media sosial crowdfunding sebagai alat menjangkaunya.

Crowdfunding syariah juga adalah salah satu bentuk dari crowdsourcing dan keuangan alternatif yang mulai kembali muncul. Crowdfunding mulai banyak dimanfaatkan orang untuk membantu para pengusaha maupun UKM pemula.

Artinya, kita juga bisa mencoba berinvestasi melalu crowdfunding. Jika biasanya crowdfunding yang dikenal oleh banyak orang adalah crowdfunding berbasis donasi, maka untuk berinvestasi kita bisa mencoba equity crowdfunding.

Adapun alasan utama melakukan investasi pada crowdfunding adalah untuk membantu pengusaha untuk mendapatkan modal bagi usaha atau proyek yang sedang dijalankan.

Selain itu, keuntungan investasi ini adalah pihak investor memberikan sebagian uang untuk mendapatkan hasil keuntungan.

Pada dasarnya walaupun bukan menjadi satu-satunya alasan, prospek keuntungan finansial tetap menjadi alasan utama mengapa seseorang memilih untuk berinvestasi crowdfunding.

Sebagian investor mengharapkan pengembalian keuntungan atas investasi mereka dalam jangka tertentu dengan jumlah tertentu.

Sementara itu, sebagian lagi lebih fleksibel dalam menentukan waktu pengembalian dan jumlah pengembalian, sehingga mereka lebih cocok dengan sistem equity crowdfunding syariah Indonesia.

Satu hal yang paling menarik, keuntungan yang bisa diraih dalam investasi equity crowdfunding tidaklah terbatas.

Tergantung dari keuntungan yang diraih usaha terkait dan kenaikan nilai dari usaha terkait. Equity crowdfunding juga dikenal sebagai crowd-investing, investment crowdfunding, dan crowd equity.

Equity crowdfunding adalah tipe donasi terbaik untuk perusahaan kecil hingga menengah yang sedang mencari modal dalam jumlah besar untuk meluncurkan atau mengembangkan bisnis mereka.

Equity crowdfunding adalah sebuah cara investasi baru di mana perusahaan membuka sahamnya kepada masyarakat luas tanpa dibantu oleh bursa efek.

Pasalnya, pihak penyelenggara di equity crowdfunding menggantikan peran sebagai auditor. Jadi perusahaan bisa mengajukan pendanaan dengan biaya lebih murah, dan orang-orang bisa membeli saham dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Sebagai imbalan atas sumbangannya, investor atau donatur menerima persentase kepemilikan saham di perusahaan. Persentase ini bervariasi tergantung pada bisnisnya, serta dapat menjadi cara yang bagus bagi perusahaan untuk mengumpulkan dana dengan cepat tanpa bingung memikirkan pinjaman bisnis tradisional.

Biasanya, equity crowdfunding membutuhkan penggalangan dana minimum yang besar, bahkan bisa mencapai ribuan dolar. Bagaimana, tertarik mencoba investasi modal kecil terpercaya melalui equity crowdfunding?