November 30, 2021

florencestandard.com

Blog Media Info Terkini

3 Alasan Mengapa Kamu Perlu Membeli Kamera Mirrorless Canon

Siapa di sini yang hobi memotret atau sedang berencana membeli kamera? Apabila kamu salah satunya, kamu beruntung karena di pasar Indonesia, kita bisa menemukan bermacam-macam jenis kamera. Beberapa contoh jenis kamera tersebut di antaranya seperti action camera, DSLR, pocket camera, maupun mirrorless camera. Nah, tentu saja setiap kamera ini memiliki pasar, kegunaan, serta fitur yang berbeda satu sama lain. 

Salah satu jenis kamera yang populer di kalangan banyak orang ialah kamera mirrorless. Kamera yang satu ini memiliki tampilan yang lebih simpel sehingga memberikan kesan yang sederhana dan mudah digunakan karena berukuran kecil dan ringan. Kamera mirrorless sendiri merupakan salah satu inovasi yang muncul pada dunia kamera. Sekilas, mungkin kamera mirrorless terlihat lebih kecil dibandingkan dengan kamera DSLR. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan sistem antara kamera DSLR dengan kamera mirrorless.

Perbedaan mencolok antara kamera DSLR dan mirrorless dapat kita lihat pada bagian body kamera. Pada kamera yang menggunakan sistem DSLR, terdapat pentaprism atau yang dikenal sebagai mirror alias kaca. Selain itu, kamera DSLR juga dilengkapi dengan optical viewfinder. Maka dari itu, kamera DSLR bekerja dengan cara memantulkan cahaya maupun gambar yang masuk lewat lensa. Pemantulan tersebut dilakukan melalui kaca. Dalam hal ini, kaca berperan penting sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Sementara itu, pengguna kamera ini juga dapat melihat melalui optical viewfinder yang sistem gambarnya akan memantul melalui pentaprism dan pada akhirnya gambar maupun cahaya tersebut dapat kita lihat melalui optical viewfinder. Apabila kita ingin melihat menggunakan LCD Display, maka mirror akan bergerak ke bagian atas. Kemudian, mirror akan masuk ke shutter. Sensor dan gambar pun pada akhirnya akan tampil pada LCD Display.

Ketika sedang melakukan autofocus, maka kamera DSLR dianggap memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan kamera mirrorless. Hal ini disebabkan oleh body kamera DSLR yang dilengkapi dengan phase detection. Makanya, tidak heran jika kamera ini dapat fokus dan melakukan tracking object secara lebih cepat.

Sementara itu, kamera mirrorless menawarkan produk yang lebih simpel karena sistemnya serba elektrik. Apalagi, cara kerja kamera mirrorless juga berbeda karena tidak melalui pantulan. Itulah mengapa kamera ini dikenal sebagai kamera mirrorless. Jadi, gambar maupun cahaya yang masuk melalui lensa akan langsung direkam pada shutter maupun sensor yang pada akhirnya akan menampilkan gambar melalui LCD Display. Sementara itu, kamera mirrorless sendiri juga terdiri atas LCD Display saja. Fitur viewfinder pada kamera ini diganti menggunakan electronic viewfinder.maka dari itu, gambar yang ada pada lensa tersebut akan diproyeksikan pada viewfinder. Nah, berikut ini juga terdapat 3 alasan mengapa kamu perlu memiliki kamera mirrorless.

  1. Fitur lebih canggih

Kamera bukan hanya dapat kita lihat berdasarkan megapikselnya saja, melainkan juga berdasarkan sensor. Pada umumnya, sensor tersebut dapat berupa medium format, full frame, serta crop factor format yang kemudian terbagi pada APSC serta micro four thirds.

  1. Cocok untuk kita yang suka bepergian

Karena lebih ringan dibandingkan dengan kamera DSLR, kamera mirrorless canon ini juga akan mempermudah kita ketika sedang bepergian. Kamera ini tidaklah berat sehingga cocok untuk para vlogger. Bukan hanya itu saja, kamera ini juga dilengkapi dengan wifi dan aplikasi di Android maupun iOS.

  1. Desain yang unik

Kamera mirrorless memang banyak yang menggunakan desain modern. Akan tetapi, ada juga kamera yang memiliki desain retro dan vintage sehingga menyerupai kamera analog. Meskipun demikian, teknologinya tetap modern.